Tuesday, October 24, 2017

KEUNGGULAN MITSUBISHI EXPANDER DENGAN PENGGERAK RODA DEPAN

MITSHUBISHI EXPANDER menggunakan penggerak roda depan, tentunya dengan pertimbangan yang sangat matang untuk dapat memenuhi kebutuhan mayoritas konsumen di Indonesia. Dengan banyaknya kelebihan dari sistem penggerak roda depan untuk di pergunakan sebagai mobil penunjang aktifitas harian dan mobil keluarga. Beberapa kelebihan dan kekurangan dari sistem penggerak roda depan antara lain akan kita bahas disini.

Penggerak Roda Depan atau FWD, saat ini mungkin menjadi penggerak yang paling banyak di gunakan untuk mobil di pasaran. Mulai city Car, MPV, sedan dan SUV keluaran terbaru. kami akan menganalogikan dengan orang menarik gerobak untuk FWD.





Kelebihan FWD.
1. IRIT, dengan penyaluran tenaga dari mesin, transmisi langsung ke roda, membuat lebih effisien. karena tidak ada reduksi tenaga yang di serap oleh poros gardan jika dibandingkan dengan RWD.

2. Stabil di kecepatan tinggi. roda kemudi adalah penyalur traksi. sehingga pengemudi lebih mudah mengarahkan kendaraan terutama dikecepatan tinggi. hal ini juga dikarenakan tidak adanya kecenderungan oversteer maupun understeer.

3. Manuver di jalan lebih lincah. selain lebih lincah dikendalikan karena faktor poin "2". juga akan lebih mudah dikendalikan saat jalanan basah dan berpasir maupun bersalju.

4. Body Rolling tereduksi. hal ini karena pada umunya mobil FWD memiliki titik berat kendaraan yang lebih rendah dan lebih kedepan. yang memberikan kestabilan saat bermanuver di tambah rolling body yang lebih tidak terasa di bandingkan dengan mobil RWD yang kecenderungan memiliki titik berat lebih tinggi.

5. Lantai lebih rendah dan datar. dengan tidak adanya poros ke gardan, memungkinkan lantai dibuat lebih datar, dan lebih rendah.

6. Murah, ya, karena anda tidak perlu oli gardan, dan operasional anda lebih murah. serta mobil dengan FWD memiliki harga yang lebih murah dibandingkan RWD.

7. Nyaman, reduksi body rolling, manuver yang lebih stabil dijalanan berkelok, body yang lebih rendah dengan titik berat yang lebih rendah menunjang kenyamanan berkendara. Harga beli yang relatif lebih murah, operasional dengan BBM yang lebih irit membuat nyaman di hati.. Curhat mode on.. hahaha.

Kekurangan FWD
1. Mahal,  ya mahal jika kaki-kaki anda mengalami kendala dan harus ganti parts

2. Traksi Awal, potensi loss traksi saat anda menggeber akselerasi awal dari 0km membuat tarikan awal tidak sesepontan RWD

3. Tanjakan Curam. di tanjakan yang relatif curam mobil FWD ini perlu perhatian khusus. potensi loss traksi saat anda menancapkan pedal gas berlebih. apalagi dengan muatan berat. di jalan menanjak titik berat akan bertumpu pada roda belakang dan traksi di roda depan akan berkurang. solusi dari hal ini adalah, usahakan memberikan tenaga yang pas dan jangan berlebih saat menanjak karena hal tersebut justru akan membuat mobil loss traksi

4. Muatan berat,  muatan yang berat di belakang akan membuat traksi roda depan beerkurang, tentunya tenaga yang disalurkan roda ke jalan juga akan berkurang.

5. Radius putar , komponen di roda depan akan lebih kompleks, dimana roda depan bertugas memnyalurkan traksi dan mengarahkan mobil. sehingga sudut yang diberikan tidak setajam RWD.

Rekomendasi memakai mobil dengan FWD jika anda :
1. jarang membawa muatan berat
2. Jalanan yang anda lalui mayoritas beraspal dan jarang di bawa ke pedesaan.
3. Anda senang memacu kendaraan anda
4. Kenyamanan menjadi prioritas anda

 Semua kembali kepada anda, putuskan sesuai kebutuhan anda. Jangan sampai anda belum tentu setahun sekali menemui jalan pedesaan berlubang membuat anda harus mengorbankan kenyamanan berkendara. atau sebaliknya anda mengejar kenyamanan berkendara tapi anda tinggal di pegunungan dengan jalan menanjak dominan, sehingga anda tidak dapat memaksimalkan kendaraan yang anda miliki.

semoga bermanfaat resume dan opini kami.   

No comments:

Post a Comment

Lazada Indonesia

Featured Post

KEUNGGULAN MITSUBISHI DELICA, MPV KELUARGA DENGAN KEMAMPUAN SUV

Mitsubishi Delica menawarkan konsep baru yang tidak dimiliki oleh para rivalnya di Indonesia. Meski wujudnya selayang pandang merupakan mob...