Saturday, November 11, 2017

Yang Perlu Anda Tahu Di Mobil Anda

Sobat jalanlelaki, anda punya kendaraan roda empat? tentunya anda tidak asing mendengar istilah Airbags, ABS, CRUISE CONTROL, SAFETY BELT dan banyak lagi fitur di mobil dengan bahasa teknis. Tahukah sobat bahwa mereka bekerja dengan syarat dan ketentuan? Apa saja syarat dan ketentuan tersebut, mari kita simak sob :

Dual SRS Airbags


Pada umumnya semua mobil passanger atau mobil penumpang memiliki fitur ini sebagai salah satu fitur keselamatan standar. Tahukah sobat bahwa pada umumnya fiturAibags akan bekerja dan Airbags akan mengembang dengan syarat sebagai berikut :
  • kecepatan kendaraan di atas 40km/jam
Hal ini sebagai pengaman juga sob, agar aibags tidak mengembang saat di body repair oleh pihak non dealer resmi. jadi Airbags terhubung dengan sensor kecepatan.
  • Sabuk pengaman terpasang
Tanpa memasang sabuk pengaman untuk penumpang depan, Airbags tidak akan mengembang saat terjadi benturan keras terjadi. Karena Airbags dan Sabuk pengaman adalah satu kesatuan keamanan bagi penumpang dan pengemudi untuk mengurangi cedera. Perlu sobat ketahui kecepatan mengembangnya airbags adalah seper sekian detik. tanpa memakai sabuk pengaman maka wajah anda akan seperti di tinju dengan kecepatan tinggi yang bisa jadi akan membuat luka serius terutama di bagian leher dan kepala yang bisa berakibat fatal.
  • Benturan terjadi frontal di seluruh bagian depan atau lebih dari separuh bagian mobil
Mengembangya Airbags depan ini karena tertekanya semacam sensor atau tombol di bagian kap mesin. Sensor tersebut akan tertekan jika benturan frontal tepat mengenai sensor. jika terjadi kecelakaan dengan posisi benturan di bagian bawah kendaraan, sekeras apapun tidak akan mengembangkan airbags. Atau kap mesin anda dihantam dengan keras dari samping, hal ini juga tidak akan membuat Airbags menyala.

REM dengan Sistem ABS


ABS atau Antilock Breaking-force Sistem, adalah sistem pengereman yang menghindarkan roda kemudi terkunci, sehingga mobil masih bisa di belokan arahnya untuk menghindari benturan terjadi. Fitur ini baru bisa anda rasakan saat berkendara di atas 40km/jam atau beberapa mobil di kecepatan 60km/jam, dengan syarat pengereman pada jalan kering atau basah. Jangan harap fitur akan bekerja di permukaan aspal berpasir, atau terkenan genangan Oli. 

CRUISE CONTROL

Fitur ini biasa terdapat pada mobil Medium ke atas. Pada Toyota fitur ini dapat dinikmati di Toyota Voxy, Fortuner VRZ. Mobil lain yang memakai Fitur ini antara lain Nissan Serena HWS, Nissan Xtrail, Pajero Sport Dakkar, dan mobil menenga atas lain. Fungsi dari Cruise Control sendiri adalah menjaga kecepatan mobil tetap stabil di kecepatan tersebut tanpa harus menginjak pedal gas. Manfaatnya adalah saat melaju di jalan Tol, pengemudi tidak perlu repot menginjak pedal gas untuk menjalankan mobil. Sehingga pengemudi tidak cepat lelah saat perjalanan jauh. Tahukah anda syarat berfungsinya Cruise Control adalah Kecepatan minimal megaktifkan fitur ini adalah 60km/j. Dan fitur ini akan off saat anda menginjak pedal gas dan saat anda menginjak pedal rem. Secara otomatis Cruise Control akan off saat anda berakselerasi akan mendahului kendaraan lain, atau anda menginjak rem saat jalanan mulai padat. 

SAFETY BELT/SABUK PENGAMAN


Sobat tentu tidak asing dengan fitur ini. Setuas sabuk buat masing masing penumpang ini jangan diremehkan. Budayakan menggunakan sabuk pengaman saat di perjalanan. Tahukah sobat pada era sekarang ini sabuk pengaman memiliki teknologi ERL. Saat di tarik dengan halus sabuk pengaman akan dengan mudah di tarik ulur, tapi saat sobat hentakkan justru Sabuk pengaman akan mengunci atau menahan posisinya. Kenapa? hal ini untuk pengamanan, saat terjadi benturan maka sabuk pengaman ini akan menarik tubuh anda sebisa mungkin tetap melekat di sandaran kursi sob. Manfaat yang di rasakan adalah, mengurangi tubuh kita terbentur bagian lain dari mobil, menjaga tulang punggung kita dan menjaga tubuh kita teraduk aduk dalam mobil saat mobil mengalami rolling akibat kecelakaan.

SANDARAN KEPALA


Boleh dibilang fitur ini sering diremehkan sobat muda dengan melepaskan sandaran kepala, biar mobil berkesan lebih gaul. Tahukah sobat pentingnya sandaran kepala, apalagi saat ini hampir semua mobil dengan sandaran kepala terpisah memiliki teknologi active headrest. Teknologi active Headrest ini berfungsi untuk menjaga leher kita dari resiko patah apabila terjadi benturan apalagi tertabrak mobil lain dari arah belakang dengan menaikan posisi headrest secara otomatis guna menjaga kepala tetap dalam posisi aman. Tahukan sobat jika leher patah resiko terbesar adalah kematian.


Demikian sedikit share tentang apa yang perlu sobat ketahui di mobil sobat, demi kenyamanan dan menjaga keselamatan berkendara, sebaiknya sobat memperhatikan beberapa hal di atas.


artikel ini tentang
dual srs airbags
sabuk pengaman
rem abs
active headrest
cruise control


sumber gambar Truva web, Wikipedia web, nissan web

No comments:

Post a Comment

Lazada Indonesia

Featured Post

KEUNGGULAN MITSUBISHI DELICA, MPV KELUARGA DENGAN KEMAMPUAN SUV

Mitsubishi Delica menawarkan konsep baru yang tidak dimiliki oleh para rivalnya di Indonesia. Meski wujudnya selayang pandang merupakan mob...