Sobat
jalanlelaki, anda punya kendaraan roda empat? tentunya anda tidak asing
mendengar istilah Airbags, ABS, CRUISE CONTROL, SAFETY BELT dan banyak
lagi fitur di mobil dengan bahasa teknis. Tahukah sobat bahwa mereka
bekerja dengan syarat dan ketentuan? Apa saja syarat dan ketentuan
tersebut, mari kita simak sob :
Dual SRS Airbags
Pada
umumnya semua mobil passanger atau mobil penumpang memiliki fitur ini
sebagai salah satu fitur keselamatan standar. Tahukah sobat bahwa pada
umumnya fiturAibags akan bekerja dan Airbags akan mengembang dengan
syarat sebagai berikut :
- kecepatan kendaraan di atas 40km/jam
Hal
ini sebagai pengaman juga sob, agar aibags tidak mengembang saat di
body repair oleh pihak non dealer resmi. jadi Airbags terhubung dengan
sensor kecepatan.
- Sabuk pengaman terpasang
Tanpa
memasang sabuk pengaman untuk penumpang depan, Airbags tidak akan
mengembang saat terjadi benturan keras terjadi. Karena Airbags dan Sabuk
pengaman adalah satu kesatuan keamanan bagi penumpang dan pengemudi
untuk mengurangi cedera. Perlu sobat ketahui kecepatan mengembangnya
airbags adalah seper sekian detik. tanpa memakai sabuk pengaman maka
wajah anda akan seperti di tinju dengan kecepatan tinggi yang bisa jadi
akan membuat luka serius terutama di bagian leher dan kepala yang bisa
berakibat fatal.
- Benturan terjadi frontal di seluruh bagian depan atau lebih dari separuh bagian mobil
Mengembangya
Airbags depan ini karena tertekanya semacam sensor atau tombol di
bagian kap mesin. Sensor tersebut akan tertekan jika benturan frontal
tepat mengenai sensor. jika terjadi kecelakaan dengan posisi benturan di
bagian bawah kendaraan, sekeras apapun tidak akan mengembangkan
airbags. Atau kap mesin anda dihantam dengan keras dari samping, hal ini
juga tidak akan membuat Airbags menyala.
REM dengan Sistem ABS
ABS atau Antilock Breaking-force Sistem,
adalah sistem pengereman yang menghindarkan roda kemudi terkunci,
sehingga mobil masih bisa di belokan arahnya untuk menghindari benturan
terjadi. Fitur ini baru bisa anda rasakan saat berkendara di atas
40km/jam atau beberapa mobil di kecepatan 60km/jam, dengan syarat
pengereman pada jalan kering atau basah. Jangan harap fitur akan bekerja
di permukaan aspal berpasir, atau terkenan genangan Oli.
CRUISE CONTROL
Fitur
ini biasa terdapat pada mobil Medium ke atas. Pada Toyota fitur ini
dapat dinikmati di Toyota Voxy, Fortuner VRZ. Mobil lain yang memakai
Fitur ini antara lain Nissan Serena HWS, Nissan Xtrail, Pajero Sport
Dakkar, dan mobil menenga atas lain. Fungsi dari Cruise Control
sendiri adalah menjaga kecepatan mobil tetap stabil di kecepatan
tersebut tanpa harus menginjak pedal gas. Manfaatnya adalah saat melaju
di jalan Tol, pengemudi tidak perlu repot menginjak pedal gas untuk
menjalankan mobil. Sehingga pengemudi tidak cepat lelah saat perjalanan
jauh. Tahukah anda syarat berfungsinya Cruise Control adalah Kecepatan
minimal megaktifkan fitur ini adalah 60km/j. Dan fitur ini akan off saat
anda menginjak pedal gas dan saat anda menginjak pedal rem. Secara
otomatis Cruise Control akan off saat anda berakselerasi akan mendahului
kendaraan lain, atau anda menginjak rem saat jalanan mulai padat.
SAFETY BELT/SABUK PENGAMAN
Sobat
tentu tidak asing dengan fitur ini. Setuas sabuk buat masing masing
penumpang ini jangan diremehkan. Budayakan menggunakan sabuk pengaman
saat di perjalanan. Tahukah sobat pada era sekarang ini sabuk pengaman
memiliki teknologi ERL. Saat di tarik dengan halus sabuk pengaman akan
dengan mudah di tarik ulur, tapi saat sobat hentakkan justru Sabuk
pengaman akan mengunci atau menahan posisinya. Kenapa? hal ini untuk
pengamanan, saat terjadi benturan maka sabuk pengaman ini akan menarik
tubuh anda sebisa mungkin tetap melekat di sandaran kursi sob. Manfaat
yang di rasakan adalah, mengurangi tubuh kita terbentur bagian lain dari
mobil, menjaga tulang punggung kita dan menjaga tubuh kita teraduk aduk
dalam mobil saat mobil mengalami rolling akibat kecelakaan.
SANDARAN KEPALA
Boleh
dibilang fitur ini sering diremehkan sobat muda dengan melepaskan
sandaran kepala, biar mobil berkesan lebih gaul. Tahukah sobat
pentingnya sandaran kepala, apalagi saat ini hampir semua mobil dengan
sandaran kepala terpisah memiliki teknologi active headrest. Teknologi active Headrest ini
berfungsi untuk menjaga leher kita dari resiko patah apabila terjadi
benturan apalagi tertabrak mobil lain dari arah belakang dengan menaikan
posisi headrest secara otomatis guna menjaga kepala tetap dalam posisi
aman. Tahukan sobat jika leher patah resiko terbesar adalah kematian.
Demikian
sedikit share tentang apa yang perlu sobat ketahui di mobil sobat, demi
kenyamanan dan menjaga keselamatan berkendara, sebaiknya sobat
memperhatikan beberapa hal di atas.
artikel ini tentang
dual srs airbags
sabuk pengaman
rem abs
active headrest
cruise control
sumber gambar Truva web, Wikipedia web, nissan web
No comments:
Post a Comment