Wednesday, November 8, 2017

Mempersipkan Mobil Mitsubishi Anda di Musim Hujan



Mempersiapkan mobil di musim hujan, dan memperhatikan saat berkendara di musin hujan. Musim hujan sepertinya sudah dating sob, saat seperti ini rasanya akan lebih nyaman jika sobat melakukan aktifitas sehari hari menuju ke tempat kerja  dengan menggunakan mobil. Karena tidak perlu berbasah basah walaupun memakai mantel hujan. Buat sobat yang menggunakan kendaraan mobil pribadi, saat nya sobat mempersiapkan mobil anda untuk berbasah basah kehujanan. Apa saja yang harus sobat perhatikan dan sobat persiapkan terhadap mobil saat memasuki musim hujan? Berikut jalanlelaki akan memberi sedikit Tips persiapan mobil sobat di musim hujan :



1.       Periksa lampu mobil sobat

Pada musim hujan sering kali kita harus menyalakan lampu pada siang hari, saat kondisi hujan yang lebat, bahkan beberapa kali kerap kita lihat pengemudi menyalakan lampu  Hazard dan lampu kabut. Hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi akan mengurangi jarak pandang kita baik ke jalan maupun mobil-mobil lain disekitar kendaraan kita. Tips buat sobat jejaklelaki untuk kondisi lampu adalah :

  • Lampu utama pastikan menyala, usahakan menggunakan lampu standart pabrik. Hindari penggunaan lampu non pabrikan yang menyala putih dengan intensitas pas-pasan. Lampu dengan nyala putih tidak dapat menembus kabut bahkan kadang kurang kelihatan untuk melihat lapisan jalan yang basah oleh air hujan. Lampu yang menyala agak kekuningan justru bagus untuk menembus hujan dank abut.
  •  Lampu hazard harus berfungsi dengan baik
  • Lampu stop jangan sampai mati, pastikan menyala dengan baik sehingga dapat mudah terlihat oleh pengendara di belakang anda saat anda melakukan pengereman.
  • Jika diperlukan, pasang lampu kabut akan sangat membantu penglihatan sobat saat melewati hujan yang lebat maupun daerah berkabut
2.       Periksa Wiper  mobil

Memeriksa Wiper sangatlah vital. Dalam hal ini sobat harus memastikan karet wiper masih dalam kondisi bagus, dan berfungsi dengan baik untuk membuang air di kaca depan, maupun kaca belakang mobil sobat. 

3.       Cek isi air washer mobil 

Tidak kalah penting sobat, isi air washer untuk membilas kaca depan maupun kaca belakang mobil sobat. Tanpa air washer sobat akan kesulitan jika menghadapi gerimis yang terkadang malah bikin kaca kotor karena cipratan air dari mobil sebelah.

4.       Pastikan permukaan ban masih bagus

Permukaan ban yang bagus, dengan alur ban yang masih bagus akan membantu mobil anda melaju dengan lebih aman. Jangan sampai sobat memaksakan berkendara dengan ban yang kondisi alurnya sudah tipis, resiko slip saat bermanufer maupun saat pengereman di trek basah.

5.       AC dalam kondisi bagus

Apa hubungan AC sama hujan? Ya, tanpa AC yang memiliki temperature yang dingin, kaca mobil depan sobat bisa berembun saat berjalan hujan-hujanan. Hal ini sangatlah mengganggu pandangan  sobat saat mengemudi. Kecuali sobat rajin membersihkan embud dengan kain saja, hehe. Jika mobil sobat tidak dilengkapi AC sobat bisa mengunakan tipsnya disini

Asuransikan mobil sobat
Jangan lupa, cek asuransi kendaraan sobat untuk jaga-jaga menghadapi hal terburuk yang mungkin bisa terjadi. Bisa mengcover perbaikan kendaraan sobat jika terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, kejatuhan ranting pohon misalnya.

Itulah sobat, hal yang perlu mendapat perhatian ekstra sebelum mengemudikan mobil sobat di kondisi hujan. Di samping hal itu tentunya tidak kalah penting kondisi mesin mobil yang prima, dan karet-karet pintu dan jendela masih memiliki elastisitas yan baik untuk mencegah masuknya air melalui celah pintu dan jendela, hal ini terutama untuk sobat yang memiliki mobil dengan usia di atas 10 tahun. 
  
“Tetap waspada di perjalanan, sehebat apapun  mobil sobat, tetaplah kewaspadaan dan kondisi stamina sobat saat mengemudi menjadi kunci utama keselamatan berkendara. Jangan lupa taati rambu lalu lintas dan menghargai sesame pengguna jalan demi keselamatan bersama”


Artikel ini tentang :
Tips Persiapan mobil musim hujan

sumber gambar mobilku.org
 sumber artikel jalanlelaki.blogspot.co.id

No comments:

Post a Comment

Lazada Indonesia

Featured Post

KEUNGGULAN MITSUBISHI DELICA, MPV KELUARGA DENGAN KEMAMPUAN SUV

Mitsubishi Delica menawarkan konsep baru yang tidak dimiliki oleh para rivalnya di Indonesia. Meski wujudnya selayang pandang merupakan mob...